[SALAH] Akun Tiruan BNI Berisi Pengajuan Pinjol

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar adanya sebuah akun Tiktok yang mengatasnamakan BNI. Akun tersebut berisikan konten mengenai pinjaman online hanya dengan menghubungi nomor Whatsapp yang tertera di bio akun Tiktok tersebut, akun tersebut dapat diwaspadai sebagai media untuk melakukan penipuan online.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://archive.cob.web.id/archive/1706517993.633902/index.html (arsip)

===========

[NARASI]: “untuk pengajuan pinjaman silakan hubungi nomor whatsapp kami 085382570154”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang bernama @bank_negara_indonesia7 yang berisi konten mengenai pengajuan pinjaman online hanya dengan menghubungi nomor Whatsapp yang berada pada bio profil akun Tiktok tersebut. 

Namun rupanya akun tersebut bukan merupakan akun resmi milik BNI. Karena nama akun Tiktok BNI yang asli bernama @bni46 bukan @bank_negara_indonesia7. Pada akun Tiktok BNI yang resmi, tidak ditemukan satupun unggahan video mengenai pengajuan pinjaman online dengan menghubungi nomor Whatsapp manapun. 

Sebelumnya turnbackhoax.id juga sudah beberapa kali mengangkat isu serupa dimana ada unggahan yang mengatasnamakan BNI berisi konten video penipuan pinjaman online.

Berdasarkan dari temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika akun tiruan yang mengatasnamakan BNI tersebut merupakan salah satu modus untuk melakukan penipuan. Karena pada akun BNI resmi mereka tidak mencantumkan sebuah nomor Whatsapp pada bio profil akun mereka.

===========

 [REFERENSI] :

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-akun-tiruan-bni-berisi-pengajuan-pinjol

https://www.tiktok.com/@bni46