[SALAH] KONSER RHOMA IRAMA DAN IWAN FALS DUKUNG PASANGAN ANIES-MUHAIMIN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut merupakan video Rhoma Irama dan Iwan Fals berduet di konser ulang tahun Indosiar yang ditambahi dengan narasi yang menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706360052.664678/index.html (Tiktok)

=====

[NARASI]: H.RHOMA IRAMA IWAN FALS DUA LEGENDA BERDIRI DIBARISAN AMIN

Amin aja dulu Aritis2 papan atas gabung ke kubu AMIN

*Masyaallah Seger8ener* #2024aniespresiden by. Humas & Media ============ DPC PKS MALEBER Yuk 2024 Menangkan PKS #PKSMENANGANIESPRESIDEN Yuk 2024 Menangkan PKS Semangat transformasi dan kolaborasi  PKS Keren  #pkspembelaRakyat #2024pilihpks #2024menangkanpks #pks_no_8_menang PKS Menang #PilihPKSaja #PKSmenangAMIN #coblosPKS #pks #Seger8ener #PKSpembelaRakyat

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah postingan video dari akun tiktok @orymuhammadzuhri yang menampilkan Rhoma Irama dan Iwan Fals menyanyikan lagu Mirasantika disertai narasi yang menyatakan bahwa Rhoma Irama dan Iwan Fals mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video identik dengan postingan tersebut dari akun youtube Rhoma Irama Official berjudul “AFTERMOVIE | KOLABORASI RHOMA IRAMA BERSAMA IWAN FALS” yang diunggah pada 15 Maret 2020.

Video tersebut merupakan momen ketika dua musisi legendaris Indonesia Rhoma Irama dan Iwan Fals memeriahkan gelaran konser dalam rangka merayakan ulang tahun Indosiar ke-25 yang berjudul “Pesta Perak Luv Indosiar 25”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang disebarkan oleh akun titok @orymuhammadzuhri adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:.

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-konser-rhoma-irama-dan-iwan-fals-dukung-pasangan-anies-muhaimin


https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5515251/cek-fakta-tidak-benar-video-konser-rhoma-irama-dan-iwan-fals-mendukung-pasangan-amin?page=2