[SALAH] Jokowi Deklarasi Ganjar Presiden RI 2024

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim Jokowi menyatakan dukungannya terhadap pasangan calon Ganjar-Mahfud MD sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024 adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1706215154.281408/index.html (Youtube)

====

[NARASI]:
RELAWAN ANIS BERPALING !! JOKOWI UNDANG LANGSUNG SE INDONESA DEKLARASI GANJAR PRESIDEN RI 2024…
====

[PENJELASAN]:

Pada 24 Januari 2024 sebuah channel youtube dengan nama AKTUAL (https://www.youtube.com/@aktual2406) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Joko Widodo Presiden Republik Indonesia saat ini telah mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar-Mahfud MD.

Setelah dianalisa lebih lanjut, klaim yang disampaikan tidak sesuai dengan narasi dan potongan video yang digunakan dalam video tersebut. Pengunggah justru menjelaskan mengenai Hary Tanoesoedibjo yang menyatakan dukungannya terhadap Ganjar-Mahfud dibuktikan dalam hadirnya Hary Tanoe dalam acara NAGA (Nusantara Ganjar) pada 11 Januari 2024 lalu. Selain itu, potongan video yang digunakan pun tidak mendukung klaim yang dituliskan pada judul video. Contohnya saja seperti pada menit ke 6:13 di mana pengunggah menggunakan potongan video pada acara Tabrak Prof! yang diunggah oleh akun youtube Metro TV pada 23 Januari 2023 lalu. Tak hanya itu, hingga kini tidak terdapat pernyataan resmi yang menyatakan bahwa Jokowi mendukung Ganjar sebagai calon presiden tahun 2024.

Oleh sebab itu, video dengan klaim Jokowi menyatakan dukungannya terhadap pasangan calon Ganjar-Mahfud MD sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024 adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
[1] https://www.youtube.com/watch?v=juASHc6sQns
[2] https://www.youtube.com/watch?v=RxHB-moE_DM
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-jokowi-deklarasi-ganjar-presiden-ri-2024