[SALAH] Jakarta Pusat Tumbang Dihantam Gelombang Tinggi Hingga ke Perkotaan

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim Jakarta Pusat dihantam gelombang tinggi adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1706215034.424151/index.html (Youtube)

====

[NARASI]:
LIVE; JAKARTA PUSAT TUMBANG… GELOMBANG TINGGI MELUAP DAHSYAT SAMPAI KE PERKOTAAN

====

[PENJELASAN]:


Pada 25 Januari 2024 sebuah channel youtube dengan nama CCTV Bencana (https://www.youtube.com/@bencanaalam294) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Jakarta Pusat telah tumbang akibat dihantam gelombang tinggi yang meluap dahsyat hingga perkotaan.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, apa yang disampaikan pada judul video dan narasi tidak menunjukkan keselarasan. Narator justru menjelaskan terkait imbauan yang diberikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait gelombang tinggi hingga 4 meter di perairan Indonesia pada 21-22 Januari 2024. Tak hanya itu, menurut Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo dalam wawancara bersama Antara, peningkatan gelombang tinggi akan terjadi di Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano, perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Samudra Hindia barat Sumetera, Selat Sunda, hingga Banten tanpa sedikitpun membahas terkait gelombang tinggi yang terjadi di Jakarta Pusat. Hingga kini, BMKG tidak mengeluarkan informasi resmi terkait adanya gelombang tinggi di Jakarta Pusat.

Oleh sebab itu, video dengan klaim Jakarta Pusat dihantam gelombang tinggi adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://lampung.antaranews.com/berita/714234/bmkg-imbau-waspada-gelombang-tinggi-hingga-4-meter-di-perairan-indonesia

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-jakarta-pusat-tumbang-dihantam-gelombang-tinggi-hingga-ke-perkotaan