[SALAH] Iwan Fals dan Rhoma Irama Nyanyikan Lagu Sindiran Untuk Paslon 02

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Video tersebut hanya merupakan potongan video dari konser perayaan HUT Indosiar yang digelar di tahun 2020 dan tidak ada kaitannya dengan pilpres 2024.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://archive.cob.web.id/archive/1706202732.973634/index.html 

 (arsip)

===========

[NARASI]: “para artis papan atas sudah mulai 01 AMIN

mantan pendukung prabowo 2014/2019 menyanyikan lagu sindiran kepada Paslon nomor urut 02”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar di Tiktok sebuah unggahan video yang diunggah @bangricko86 berisi klaim jika Iwan Fals dan Rhoma Irama menyanyikan sebuah lagu sindiran untuk Paslon 02, disertai dengan narasi bahwa kedua artis papan artis tersebut mulai mendukung pasangan Anies-Cak Imin.

Pada unggahan video itu memuat video konser Iwan Fals dan Rhoma Irama yang bernyanyi dalam satu panggung yang sama menyanyikan lagu “Mirasantika”. Namun setelah dilakukan penelusuran video tersebut tidak ada kaitannya dengan pilpres 2024 ini.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut adalah konser perayaan HUT Indosiar yang digelar pada tahun 2020 lalu. Pada konser tersebut Rhoma Irama dan Iwan Fals berduet di panggung yang sama sebagai salah satu pengisi acara perayaan tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa video tersebut berisi klaim yang salah, karena video tersebut hanya merupakan potongan video dari konser perayaan HUT Indosiar yang digelar di tahun 2020 dan tidak ada kaitannya dengan pilpres 2024.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.liputan6.com/photo/read/4154230/foto-kolaborasi-rhoma-irama-iwan-fals-meriahkan-pesta-perak-25-indosiar?page=1

https://www.youtube.com/watch?v=LlNZV-mte1M&t=47s

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-iwan-fals-dan-rhoma-irama-nyanyikan-lagu-sindiran-untuk-paslon-02