[SALAH] Istana Lumpuh! Ribuan Mahasiswa dan Masyarakat Tolak Prabowo-Gibran

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video mahasiswa dan masyarakat unjuk rasa menolak Prabowo-Gibran di Istana adalah konten tidak benar. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut. Foto dalam thumbnail hanya editan semata.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====
[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1706098901.587723/index.html

====

[NARASI]: “ISTANA LUMPUH TOTAL !! RIBUAN MAHASISWA DAN MASSARAKAT TOLAK PRABOWO GIBRAN MAJU DI PILPRES 2024”

====
[PENJELASAN]:
Akun Youtube “TOPIK NEWS” pada tanggal 22 Januari 2024 mengunggah sebuah video dengan klaim istana lumpuh akibat demo ribuan mahasiswa dan masyarakat menolak Prabowo-Gibran maju di Pilpres 2024. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

Video berdurasi 12 menit 5 detik membahas demo yang dilakukan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jaga di Demokrasi di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Rupanya narator hanya membacakan narasi milik metrotvnews.com yang berjudul “Aliansi Mahasiswa Jaga Demokrasi Tolak Politik Dinasti”. Artikel tersebut membahas aksi protes mahasiswa pencalonan pasangan presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka yang dianggap sarat nepotisme.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada informasi yang kredibel terkait klaim dalam video. Dilansir dari voaindonesia.com, gambar dalam thumbnail identik dengan demonstrasi di Sekretariat Presiden di Kolombo, Sri Lanka. Foto tersebut diambil ketika para demonstran memaksa masuk ke kediaman resmi Presiden dan Perdana Menteri di tengah krisis ekonomi.
==========
[REFERENSI]
[1] https://www.voaindonesia.com/a/ratusan-ribu-warga-sri-lanka-ancam-tak-akan-tinggalkan-kediaman-presiden-dan-pm-hingga-mereka-mundur-/6652676.html
[2] https://www.metrotvnews.com/play/NA0CjMPO-aliansi-mahasiswa-jaga-demokrasi-tolak-politik-dinasti
[3] https://turnbackhoax.id/2023/11/27/salah-kader-pdip-ngamuk-serukan-perang-di-istana/
[4] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-istana-lumpuh-ribuan-mahasiswa-dan-masyarakat-tolak-prabowo-gibran