[SALAH] ARTIS-ARTIS TOP INDONESIA SERENTAK DUKUNG GANJAR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Judul, thumbnail dan isi video tidak berkaitan. Selain Thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi beberapa cuplikan video yang tidak mendukung klaim narasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706425562.537339/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
MENGEJUTKAN !! ARTIS-ARTIS TOP TANAH AIR MENDADAK DUKUNG GANJAR CAPRES,ANIES KEPANASAN LIHAT INI.

SERENTAK DUKUNG GANJAR
ARTIS-ARTIS TOP SE INDONESIA DEKLARASI GANJAR 2024

=======

[PENJELASAN]:
Chennel youtube bernama AKTUAL membagikan video yang menampilkan gambar thumbnail sebuah panggung dengan baliho Ganjar-Mahfud di samping kanan kiri bernarasikan artis-artis top Indonesia serentak dukung Ganjar dan membuat Anies kepanasan.

Setelah dilakukan penelusuran, narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari beritasatu.com berjudul “Konser Meriah Jadi Saksi Deklarasi Warga Malang Dukung Ganjar-Mahfud” yang dimuat pada 14 januari 2024.

Artikel tersebut membahas tentang sahabat Ganjar dan puluhan ribu warga Malang deklarasi dukungan kepada Paslon Ganjar-Mahfud pada konser yang betajuk Pesta Rakyat Ganjar-Mahfud di Halaman Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu, 12 Januari 2024.

Thumbnail yang menampilkan panggung dengan baliho Ganjar-Mahfud di samping kanan kiri tersebut mirip dengan gambar yang terdapat pada situs gigonthegreenyateley.co.uk.

Pada gambar aslinya, baliho yang berada di samping kanan kiri panggung bertulisan Gig on the Green dan bukan baliho Ganjar-Mahfud.

Gig on the Green merupakan sebuah pertunjukan konser musik yang akan diselenggarakan di Yateley, Inggris pada Sabtu, 29 Juni 2024 dan Minggu, 30 Juni 2024 mendatang.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi dari channel youtube AKTUAL yang menyatakan artis-artis top Indonesia serentak dukung Ganjar dan membuat Anies kepanasan tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.beritasatu.com/network/suaraindonesia/86298/konser-meriah-jadi-saksi-deklarasi-warga-malang-dukung-ganjar-mahfud

http://www.gigonthegreenyateley.co.uk/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-artis-artis-top-indonesia-serentak-dukung-ganjar