[SALAH] Yordania Hajar Bahrain di Piala Asia 2023

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, video tersebut tidaklah benar. Video ini ternyata diunggah oleh oknum sebelum adanya keputusan dari hasil pertandingan Yordania vs Bahrain di Piala Asia 2023 yang diselenggarakan di Qatar.

====
[KATEGORI] Konteks yang salah

====
[SUMBER] YouTube
https://ghostarchive.org/varchive/sXhxRkIdAnQ

====
[NARASI] Yordania Hajar Bahrain – Timnas Indonesia Diuntungkan Dan Lolos Ke 16 Besar Piala Asia Jadi Harapan

====
[PENJELASAN]
Sebuah kanal Youtube bernama @OnlenNews mengunggah video pada 25 Januari 2024 dengan mengusung narasi Yordania Hajar Bahrain di Piala Asia 2023. Pada video ini, narator mengatakan bahwa Yordania mampu menghajar Bahrain di pertandingan ini dengan skor 4-0. Narator juga mengatakan bahwa Indonesia dipastikan lolos ke 16 besar dengan posisi yang lebih unggul 2 poin dibanding Bahrain.

Setelah ditelusuri ternyata video tersebut tidaklah benar. Pada saat video diunggah, pertandingan antara Yordania dan Bahrain belum selesai. Hasil sebenarnya pada pertandingan ini dimenangkan oleh Bahrain dengan skor 1-0. Dikutip dari laman CNN Indonesia, pemain yang mampu menerobos gawang Yordania yakni Abdulla Yusuf di menit 34. Dari kemenangan Bahrain, Timnas Indonesia belum dapat dipastikan lolos 16 besar.

Dengan demikian, video yang mengatakan Yordania menang atas Bahrain dan Indonesia lolos 16 besar tidak benar

====
[REFERENSI]

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-yordania-hajar-bahrain-di-piala-asia-2023


https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20240125193118-142-1054445/hasil-piala-asia-hajar-yordania-bahrain-lolos-ke-16-besar