[SALAH] Unggahan Pinjaman Online oleh Bank BNI di Tiktok 

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar adanya unggahan pinjaman online oleh akun Tiktok BNI, akun tersebut dapat diwaspadai sebagai media untuk melakukan penipuan online.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://archive.cob.web.id/archive/1705651109.822505/index.html (arsip)

===========

[NARASI]: “mau mengajukan pinjaman online di ada BNI di tahun 2024 untuk modal usaha kebutuhan sehari-hari”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah postingan pada akun Tiktok yang bernama @bankbni4646 mengenai pengajuan pinjaman online untuk modal usaha kebutuhan sehari-hari. Video tersebut diunggah pada tanggal 19 Januari 2024.

Namun rupanya akun tersebut bukan merupakan akun resmi milik BNI. Karena nama akun Tiktok BNI yang asli bernama @bni46 bukan @bank.bni.indonesia. Pada akun Tiktok BNI yang resmi, tidak ditemukan satupun unggahan video mengenai pengajuan pinjaman online. 

Selain itu jika kita pergi ke akun tiruan BNI tersebut, pada bio akunnya mereka mencantumkan deskripsi “untuk pengajuan silahkan hubungi WhatsApp admin https//wa.me085377061739”, sedangkan bio pada akun Tiktok BNI resmi mereka tidak mencantumkan sebuah link Whatsapp, melainkan hanya tertulis “Akun Resmi Bank Negara Indonesia BNI Call 1500046 #BNItuDigital #GaPakeNanti bni.co.id”.

Berdasarkan dari temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika akun tiruan yang mengatasnamakan BNI tersebut merupakan salah satu modus untuk melakukan penipuan. Karena pada akun BNI resmi mereka tidak mencantumkan sebuah link Whatsapp pada bio profil akun mereka.

Sebelumnya turnbackhoax.id juga pernah mengangkat isu serupa mengenai akun Tiktok palsu BNI berisi pinjaman online.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.tiktok.com/@bni46

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-unggahan-pinjaman-online-oleh-bank-bni-di-tiktok