[SALAH] Sri Mulyani Ajak Mencoblos Pasangan Calon Nomor Urut 03

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Gambar yang berisi narasi ajakan dukungan mencoblos Ganjar tersebut bukan merupakan kalimat yang benar-benar dikatakan oleh Sri Mulyani.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://archive.cob.web.id/archive/1705987247.009377/index.html  (arsip)

===========

[NARASI]: “Orang BAIK dan CERDAS (Menteri Keuangan DR SRI MULYANI)pasti pilih 03 Ganjar Mahfud…good job👍👍

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar di Facebook sebuah unggahan foto seorang Sri Mulyani yang disertai narasi seolah ia mengatakan “sudah gak usah tengok kanan kiri tanggal 14 Februari 2024 masuk bilik suara coblos no 3 Ganjar-Mahfud”.

Isu Sri Mulyani yang disebut-sebut menjadi tim sukses Ganjar memang sebelumnya pernah mencuat di mana-mana. Justru ada bantahan dari Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Asjad Rasyid yang ditulis dalam artikel Detik.com berjudul “Arsjad Rasyid Jawab Isu Sri Mulyani Bakal Gabung TPN Ganjar-Mahfud”.

Isu bergabungnya Sri Mulyani menjadi tim sukses Ganjar juga sebelumnya pernah dibantah dalam artikel Kompas yang berjudul “[HOAKS] Menkeu Sri Mulyani Gabung Tim Sukses Ganjar-Mahfud”.

Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika unggahan gambar yang menampilkan foto Sri Mulyani disertai narasi mendukung Ganjar-Mahfud tersebut merupakan klaim yang salah.

===========

 [REFERENSI] :

https://news.detik.com/pemilu/d-7014489/arsjad-rasyid-jawab-isu-sri-mulyani-bakal-gabung-tpn-ganjar-mahfud

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/13/124500582/-hoaks-menkeu-sri-mulyani-gabung-tim-sukses-ganjar-mahfud?page=2