[SALAH] Pernyataan Jokowi “jika Palestina tidak mendapatkan pasokan obat-obatan dan makanan, maka dipastikan Indonesia menyatakan kami keluar permanen dari keanggotaan PBB”

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Tidak ditemukan pernyataan Jokowi jika Indonesia akan keluar dari PBB jika Palestina tidak mendapatkan pasokan obat-obatan dan makanan.

[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1703870791.061079/index.html

[NARASI]
“jika Palestina tidak mendapatkan pasokan obat-obatan dan makanan, maka dipastikan Indonesia menyatakan kami keluar permanen dari keanggotaan PBB”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok mengunggah video dengan foto Jokowi yang diklaim membuat pernyataan jika Palestina tidak mendapatkan pasokan makanan dan obat-obatan, maka Indonesia akan keluar permanen dari PBB. Video TikTok itu menampilkan foto Jokowi yang disertai narasi “jika Palestina tidak mendapatkan pasokan obat-obatan dan makanan, maka dipastikan
kami Indonesia menyatakan keluar permanen dari keanggotaan PBB.”

Faktanya, klaim dalam video TikTok itu tidak benar. Tidak ditemukan informasi yang valid dari sumber terpercaya, yang menyebut Jokowi mengeluarkan pernyataan terkait ancaman keluar dari PBB.

Sebelumnya, pada bulan Oktober 2023 Palestina mengalami krisis air hingga makanan imbas dari blokade Israel di jalur Gaza. Warga kesulitan mendapatkan pasokan air, makanan, listrik, hingga bahan bakar buntut serangan tanpa henti kedua belah pihak.

Dilansir dari laman Kemenkes.go.id, pada 04 November 2023 Indonesia telah mengirimkan bantuan sebanyak 7 ton obat-obatan, makanan bergizi dan hygiene kit kepada rakyat Palestina. Bantuan tersebut merupakan bagian dari total 51,5 ton bantuan yang dikirim pemerintah dan pihak swasta Indonesia.

[REFERENSI]
https://www.bbc.com/indonesia/articles/clw79lwr894o

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20231104/1144181/kemenkes-kirim-7-ton-bantuan-obat-ke-palestina/

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20231012094542-120-1010199/warga-palestina-krisis-air-makanan-imbas-blokade-israel-di-jalur-gaza

https://news.detik.com/foto-news/d-7041077/bantuan-makanan-hingga-obat-obatan-dari-indonesia-tiba-di-palestina

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-pernyataan-jokowi-jika-palestina-tidak-mendapatkan-pasokan-obat-obatan-dan-makanan-maka-dipastikan-indonesia-menyatakan-kami-keluar-permanen-dari-keanggotaan-pbb