[SALAH] Infantino Bawa Wasit Collina untuk Periksa Ulang Laga Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023

Hasil periksa fakta Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Giani Infantino telah menggandeng wasit Pierluigi Collina untuk memeriksa ulang pertandingan Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, video Infantino yang diklaim sebagai pernyataan atas pertandingan tersebut merupakan hasil suntingan dari kanal YouTube Al Jazeera English.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1706168922.169122/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “MENGAGETKAN :bangbang: Presiden FIFA Resmi PECAT Wasit Laga Timnas Indonesia VS Irak Piala Asia 2023 Qatar | PRESIDEN FIFA TURUN TANGAN BAWA KETUA WASIT PIERLUIGI COLLINA UNTUK CEK VAR INDONESIA VS IRAK”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @andalantimnas mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden FIFA, Giani Infantino, membawa wasit legendaris Pierluigi Collina untuk memeriksa ulang pertandingan Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023. Infantino menyatakan bahwa ia akan memberhentikan wasit yang terbukti melakukan kecurangan sebagai peringatan keras bahwa FIFA tidak akan menoleransi pelanggaran dalam sepak bola.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video Gianni Infantino yang diklaim sebagai pernyataannya terhadap pertandingan Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 merupakan hasil suntingan dari video wawancara milik kanal YouTube Al Jazeera English.

Sumber: YouTube Al Jazeera English

Dalam video asli tersebut, terlihat bahwa Infantino sedang melakukan press conference dengan media di Doha sehari sebelum FIFA World Cup Qatar 2022 digelar. Pada kesempatan itu, Infantino menanggapi beberapa laporan, salah satunya laporan mengenai adanya penggemar yang dibayar untuk mendukung negara tertentu di Piala Dunia.

Hingga saat ini pun, tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai pernyataan Giani Infantino atas laga Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @andalantimnas merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.skysports.com/football/news/12098/12750801/gianni-infantino-fifa-president-hits-out-at-qatar-world-cup-criticism-in-extraordinary-speech-ahead-of-tournament

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-infantino-bawa-wasit-collina-untuk-periksa-ulang-laga-indonesia-vs-irak-di-piala-asia-2023