[SALAH] Gempa 9,6 Magnitudo Hancurkan Sumbawa

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Gambar yang digunakan bukan merupakan gambar Gedung DPR yang runtuh akibat adanya guncangan gempa, isi video juga berisi penjelasan yang tidak sesuai dengan klaim pada judul.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1706033358.510705/index.html

(arsip)

===========

[NARASI]: “BARU SAJA SUMBAWA MENJERIT,GEMPA MAGNITUDE 9,6 SR GUNCANG KOTA HINGGA LULUHLANTAH”

===========

[PENJELASAN]: Pada 20 Januari 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul tentang Sumbawa yang diguncang gempa berskala besar.

Pada gambar thumbnail diperlihatkan sebuah gedung yang roboh yang seolah akibat dari guncangan gempa yang sangat hebat di Sumbawa. Setelah dilakukan pencarian gambar, ternyata gambar tersebut merupakan foto dari sebuah perumahan susun di Amerika Serikat bernama Pruitt-Igoe yang pada 1972 sengaja dihancurkan oleh pemerintah untuk pemerataan lahan.

Selain itu informasi yang dijelaskan dalam isi video hanya memaparkan jika gempa yang baru saja terjadi di Sumbawa tersebut hanya memiliki kekuatan magnitudo 4,5 saja, tidak sampai 9,6 seperti yang dikatakan pada judul klaim. 

Selain itu dilansir artikel beritasatu.com yang berjudul “Gempa Bumi M 4,5 di Sumbawa Tak Berpotensi Tsunami”, terdapat penjelasan dari Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, yang mengatakan jika hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut dan menjelaskan juga jika gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

===========

 [REFERENSI] :

https://arsitekstour.wordpress.com/2021/02/13/sejarah-hancurnya-pruitt-igoe/

https://beritasatu.com/nusantara/2794571/gempa-bumi-m-45-di-sumbawa-tak-berpotensi-tsunami

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gempa-96-magnitudo-hancurkan-sumbawa