[SALAH] David Beckham Bela Indonesia Usai Dicurangi di Piala Asia 2023

Hasil periksa fakta Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa David Beckham memberikan pembelaan kepada Timnas Indonesia usai dicurangi di laga Piala Asia 2023 merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, video Beckham yang diklaim sebagai pembelaan kepada Indonesia merupakan hasil suntingan dari kanal YouTube ESPN FC.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1706152007.483486/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “DUNIA GEMPAR !! DAVID BECKHAM Buka Suara Kecurangan Wasit Var Laga Piala Asia Indonesia VS Irak | DAVID BECKHAM IKUT BELA TIMNAS”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @andalantimnas mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden Inter Miami FC sekaligus mantan pemain sepak bola asal Inggris, David Beckham, menyatakan bahwa Timnas Indonesia bisa menang melawan Irak dalam Piala Asia 2023 jika tidak dicurangi oleh wasit. Selain itu, Beckham beranggapan bahwa pengesahan gol kedua Irak dalam laga tersebut merupakan tindakan yang tidak sportif.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya video Beckham yang diklaim sebagai pembelaannya kepada Timnas Indonesia merupakan hasil suntingan dari video wawancara milik kanal YouTube ESPN FC.

Sumber: YouTube ESPN FC

Dalam video asli tersebut, Beckham menceritakan keberhasilan Inter Miami bersama Lionel Messi dalam menjuarai Leagues Cup 2023 di Stadion DVR PNK, Miami pada 22 Juli 2023.

Hingga saat ini pun, tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai pernyataan David Beckham atas laga Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @andalantimnas merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-david-beckham-bela-indonesia-usai-dicurangi-di-piala-asia-2023

https://www.manchestereveningnews.co.uk/sport/football/football-news/man-united-david-beckham-glazers-27411774
https://www.inews.id/sport/soccer/daftar-pemain-inter-miami-cf-musim-20232024-datangkan-lionel-messi-sergio-busquets-dan-jordi-alba
https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20230722094456-142-976397/debut-messi-masuk-menit-54-kapten-cetak-gol-spektakuler