[SALAH] Akun TikTok Baim Wong Berbagi Uang

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa akun tersebut adalah akun resmi milik Baim Wong, akun hanya berisi mengenai konten giveaway uang dan disertai sebuah link Whatsapp yang dicurigai sebagai modus penipuan online.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: TikTok https://archive.cob.web.id/archive/1705987404.675105/index.html (Arsip)

===========

[NARASI]: “Jika sudah follow silahkan ambil hadiah kamu chat admin klik link dibawah👇”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebelumnya turnbackhoax.id juga pernah mengunggah artikel yang membahas klaim serupa dimana muncul sebuah akun Facebook yang mengatasnamakan Baim Wong membuat sebuah postingan giveaway berupa uang sebesar 10 juta rupiah.

Kini muncul di Tiktok sebuah akun yang mengatasnamakan sebagai Baim Wong. Akun ini sudah diikuti sebanyak lebih dari 30 ribu pengikut dan telah mengunggah sebanyak 5 video yang sama-sama berisikan konten tentang pemberian bantuan uang puluhan juta rupiah hanya dengan klik tombol follow.

Kemudian pada bio akun Tiktok tersebut mencantumkan sebuah link WhatsApp yang tentunya pencantuman link ini patut untuk dicurigai sebagai modus untuk mereka melakukan penipuannya lebih lanjut.

Untuk memastikan kembali, apabila kita pergi langsung ke akun resmi Baim Wong yang sudah terverifikasi oleh Tiktok dengan nama akun @baimwong, disitu kita tidak akan menemukan sebuah unggahan dari Baim Wong mengenai giveaway tersebut.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.tiktok.com/@baimwong

theme: giveaway, tools: mixed, sc: tiktok, tc: dream, fu: fc, evidentiality: video, scope: domestik, actors: IndFigure