[SALAH] 27 Negara Dukung Indonesia untuk Bertanding Ulang dengan Irak pada Piala Asia 2023

Hasil periksa fakta Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa 27 negara menuntut AFC dan mendukung Indonesia untuk melakukan pertandingan ulang dengan Irak dalam laga Piala Asia 2023 merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1706150144.595662/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “27 NEGARA TUNTUT AFC:exclamation:INDONESIA BANJIR DUKUNGAN BUNTUT KECURANGAN DI PIALA ASIA ? | 27 NEGARA NYATAKAN SIKAP DUKUNG PENUH INDONESIA – KESALAHAN FATAL AFC SAHKAN GOL OFFSIDE”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @lineupgaruda7819 pada 17 Januari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa 27 negara di dunia menuntut AFC dan mendukung penuh Indonesia untuk melakukan pertandingan ulang dengan Irak dalam laga Piala Asia 2023. Tuntutan dan dukungan ini muncul karena adanya gol kedua Irak yang dianggap kontroversial dalam laga perdana Grup D yang diselenggarakan pada 15 Januari 2024.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai 27 negara yang menuntut AFC dan mendukung pertandingan ulang antara Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 seperti yang diklaim pada unggahan. Selain itu, isi video nyatanya hanya memberitakan mengenai komentar netizen atas pertandingan tersebut.

Diketahui dalam pertandingan Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023, terdapat gol kontroversial yang dicetak pemain Irak, Osamah Rashid, pada menit 45+6. Sebelum Rashid mencetak gol, nyatanya terdapat pemain Irak yang berada dalam posisi offside sehingga membuat bola memantul dari kiper Indonesia, Ernando Ari. Namun wasit tetap mengesahkan gol Rashid tersebut.

Sumber: Liputan 6

Di sisi lain, Timnas Indonesia diketahui telah melayangkan protes resmi ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait kontroversi gol kedua Irak yang disahkan wasit Tantashev Ilgiz. Melalui protes ini, Timnas Indonesia berharap bahwa ke depannya perangkat pertandingan dapat bersikap lebih tegas dan cermat dalam membuat keputusan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @lineupgaruda7819 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-27-negara-dukung-indonesia-untuk-bertanding-ulang-dengan-irak-pada-piala-asia-2023

https://www.liputan6.com/regional/read/5506308/gol-irak-ke-gawang-indonesia-dianggap-kontroversial-ini-aturan-offside-menurut-fifa?page=2