[SALAH] Korea Utara Mengebom Kapal Tanker AS di Perairan Taiwan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video itu menunjukkan peluncuran roket milik Cina di Yellow Sea, bukan pasukan Korea Utara yang mengebom kapal tanker AS di perairan Taiwan.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/y5yeA

=====

Narasi:
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Berita terkini: Korea Utara mengebom kapal tanker minyak & gas AS dengan misil di perairan Taiwan”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @UrduNovels786 mengunggah video yang menunjukkan sebuah kapal mengeluarkan banyak asap yang mengepul. Video tersebut diklaim sebagai kapal tanker AS yang diserang oleh Korea Utara di perairan Taiwan. Cuitan dan media tersebut diunggah pada 14 Januari 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video yang sama persis telah diunggah di YouTube oleh CGTN, media berita yang sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah Cina. Video tersebut diberi judul “China launches world’s first all-solid propellant rocket”.

Selain itu, gambar dan berita serupa juga sudah dipublikasikan oleh South China Morning Post di salah satu artikelnya yang berjudul “Chinese firm launches world’s most powerful solid-fuel rocket in coup for private aerospace sector” dan diunggah pada 11 Januari lalu.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan @UrduNovels786 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=Y4B4QWxLFLg


https://www.scmp.com/news/china/science/article/3248112/chinese-firm-launches-worlds-most-powerful-solid-fuel-rocket-coup-private-aerospace-sector

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-korea-utara-mengebom-kapal-tanker-as-di-perairan-taiwan