[SALAH] Bukti Partai EFF (Economic Freedom Fighters) Memproduksi KTP Palsu untuk Mendukung Salah Satu Paslon di Pemilu Afrika Selatan 2024

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Foto yang diklaim sebagai bukti tersebut adalah bukti kasus kejahatan yang diunggah oleh akun resmi Kepolisian Afrika Selatan, tidak ada hubungannya dengan pemilu Afrika Selatan 2024.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/9b3S7

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Berita terkini, Kantor EFF di Hillbrow membuat identitas palsu warga Afrika Selatan dalam jumlah yang banyak, jadi para warga Zimbabwe dan Nigeria akan ikut memilih untuk EFF pada 2024, itulah alasannya mengapa EFF melawan Operasi Dudula karena Operasi Dudula sebenarnya mengganggu visi EFF”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @ChrisExceI102 (Chris Excel) mengunggah foto yang menunjukkan puluhan kartu identitas, yang diklaim sebagai kartu identitas palsu yang sengaja dibuat oleh partai EFF Afrika Selatan sehingga warga Zimbabwe dan Nigeria dapat memilih partai EFF dengan menggunakan identitas palsu tersebut. Cuitan dan foto yang diunggah pada 15 April 2022 tersebut telah disukai hampir 5,000 orang, serta dikutip dan dibagikan ulang hampir 2,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Foto yang digunakan oleh Chris Excel diambil dari foto yang diunggah oleh akun resmi kepolisian Afrika Selatan, @SAPoliceService. Pada keterangan yang ditulis kepolisian Afsel terlihat bahwa foto itu merupakan barang bukti untuk penangkapan seorang tersangka yang membuat puluhan dokumen palsu di Hillbrow, tidak ada hubungannya dengan partai EFF atau pemilu Afrika Selatan 2024.

Selain itu, informasi serupa telah dibahas oleh Yahoo! News dengan judul “S. African police images show the 2022 bust, not opposition making fake IDs”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh Chris Excel merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-bukti-partai-eff-economic-freedom-fighters-memproduksi-ktp-palsu-untuk-mendukung-salah-satu-paslon-di-pemilu-afrika-selatan-2024
https://twitter.com/SAPoliceService/status/1515044395875246087


https://uk.news.yahoo.com/african-police-images-show-2022-085717846.html