[SALAH]: “Prabowo Mundur Jadi Cawapres Akibat ulah Gibran”

Hasil periksa fakta Yudho ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Prabowo mundur jadi cawapres akibat ulah Gibran.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1704463815.132747/index.html

=====

[NARASI]: KABAR DUKA BUAT GRINDRA !! PRABOWO BUKA SUARA DI DEPAN MEDIA PAMIT MUNDUR KARNA INI

=====

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama “AKTUAL” pada tanggal 6 Januari membagikan video dengan narasi Prabowo mundur jadi cawapres akibat ulah Gibran.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, gambar asli merupakan Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Jimly Asshiddiqie gambar ini identik dengan artikel milik timesindonesia dengan judul “Ketua Majelis Kehormatan MK: Keputusan Usai Capres dan Cawapres Masuk Akal Jika Dibatalkan”.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel cnbcindonesia.com dengan judul “Gibran Dicap Curang di Debat Cawapres, 3 Hal Ini Jadi Sorotan”.

Saat ini tidak ditemukan informasi valid terkait informasi tersebut, dengan demikian klaim tentang Prabowo mundur jadi cawapres akibat ulah Gibran adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-prabowo-mundur-jadi-cawapres-akibat-ulah-gibran
https://timesindonesia.co.id/politik/474741/ketua-majelis-kehormatan-mk-keputusan-usai-capres-dan-cawapres-masuk-akal-jika-dibatalkan
https://www.cnbcindonesia.com/news/20231225100105-4-500162/gibran-dicap-curang-di-debat-cawapres-3-hal-ini-jadi-sorotan