[SALAH] “Warga Makassar Garang Terhadap Kecurangan Pemilu pak RT Dilabrak Bawaslu Menghilang”

MENYESATKAN, eksploitasi terhadap waktu/momen yang sedang berlangsung berkaitan dengan Pemilu saat ini (2024). FAKTA: video yang dibagikan BUKAN rekaman peristiwa baru-baru ini (2024), sudah beredar sebelumnya pada tahun 2019 lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, https://archive.ph/MDk89 (arsip cadangan).

NARASI: “*Video lanjutan di komentar. _Warga Makassar. Garang Terhadap Kecurangan Pemilu. pak RT Dilabrak..Bawaslu Menghilang…! Harap Kepada Semua Relawan AMIN … Bisa Mencontoh Ketegasan ini … TIDAK ADA KOMPROMI TERHADAP KECURANGAN PEMILU … BASMI … !!! KECURANGAN PEMILU …_”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan video dengan menambahkan klaim yang mengeksploitasi waktu/momen yang sedang berlangsung berkaitan dengan Pemilu saat ini (2024) yang menyebabkan kesimpulan MENYESATKAN. FAKTA: video yang dibagikan BUKAN rekaman peristiwa baru-baru ini (2024), sudah beredar sebelumnya pada tahun 2019 lalu.

Verifikasi Video

Salah satu sumber yang membagikan rekaman video peristiwa yang sama pada tahun 2019 lalu dengan sudut pandang yang sedikit berbeda, Tuban Mengaji di YouTube pada 18 Apr 2019: “Pak RT Ketangkap Basah Melakukan Kecurangan Pemilu 2019 di Makassar” [2]

REFERENSI

[1] First Draft News: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate) / archive.today (arsip cadangan).

[2] YouTube / archive.today (arsip cadangan).