[SALAH] SURAT KETERANGAN LOLOS TAHAPAN SELEKSI PT FREEPORT INDONESIA

Pihak PT Freeport Indonesia melalui Staff Corporate Komunikasi PT Freeport Indonesia wilayah Gresik, Agita Offie menyatakan jika surat keterangan lolos seleksi tersebut adalah PALSU.

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/ KONTEN PALSU

===

SUMBER: E-mail

===

NARASI:

“KepadaYth :

Para Calon Karyawan PT FREEPORT INDONESIA

Di – Tempat

Sehubungan dengan recruitment karyawan PT. FREEPORT INDONESIA 2023 untuk wilayah penempatan kerja sesuai domisili calon karyawan PT FREEPORT INDONESIA di seluruh Indonesia. Maka kami beritahukan bahwa dengan ini saudara dinyatakan Lulus seleksi dan wajib mengikuti tes selanjutnya sampai tahap akhir sesuai dengan jadwal berikut:”

===

PENJELASAN: Beredar surat keterangan lolos seleksi PT Freeport Indonesia, yang menginformasikan bahwa peserta yang mendapat email berisi surat tersebut harus mengikuti tahap tes selanjutnya. Menurut narasi yang tertera pada surat, peserta nantinya diminta membayar sejumlah uang, dan uang tersebut akan dikembalikan pada saat peserta sampai di lokasi tes.

Pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, melansir dari radargresik.jawapos.com, yang langsung menginformasi surat tersebut ke pihak terkait menyatakan surat tersebut palsu. Melalui Staff Corporate Komunikasi PT Freeport Indonesia yang bertugas di Gresik, Agita Offie dengan tegas menyebut jika dokumen elektronik perihal informasi tahapan seleksi tersebut adalah hoaks.

Pihaknya mengimbau masyarakat Kabupaten Gresik agar lebih berhati-hati apabila menerima surat serupa, baik dari E-mail, WhatsApp dan lainnya. Berdasar seluruh referensi, dipastikan bahwa surat berisi informasi keterangan lolos seleksi PT Freeport Indonesia adalah palsu. Surat tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori fabricated content atau konten palsu.

PT Freeport mengimbau agar masyarakat melihat dan mencari segala informasi yang berkaitan dengan PT Freeport pada kanal-kanal resmi yang telah disediakan pada beberapa lama berikut seperti Twitter @IDFreeport, Instagram @freeportindonesia, Facebook @freeportindonesia, dan situs ptfi.co.id. Lebih lanjut dinyatakan pula jika PT Freeport Indonesia tidak memungut biaya dan tidak bekerja sama dengan agen perjalanan manapun dalam melakukan tahapan seleksi.

===

REFERENSI:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-surat-keterangan-lolos-tahapan-seleksi-pt-freeport-indonesia
https://radargresik.jawapos.com/ekonomi-bisnis/833692769/waspada-banyak-lowongan-pekerjaan-palsu-pt-freeport-indonesia-warga-ambeng-ambeng-gresik-nyaris-jadi-korban