[SALAH] SBY Tuduh Jokowi Sebagai Dalang dari Pecahnya Koalisi Perubahan

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menuduh Presiden Joko Widodo sebagai dalang dibalik pecahnya Koalisi Perubahan merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan bukti kredibel yang menunjukkan bahwa SBY telah menuduh Jokowi seperti yang diklaim pada unggahan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1704265012.702373/index.html (TikTok)

=======

[NARASI]: “Hilang Respect!! Bukannya Intropeksi Diri, SBY Malah Tuduh Presiden Jokowi Dalang Pecahnya Koalisi Perubahan:rage: | Yang Hianati Anies, Yang Dituduh Presiden Jokowi:joy:

=======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok @r4kyatjelata mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden RI ke-6 sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menuduh Presiden Joko Widodo sebagai dalang pecahnya Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan sebagai Capres dalam Pemilu 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ditemukan bukti kredibel yang menunjukkan bahwa SBY menuduh Jokowi sebagai dalang dari pecahnya Koalisi Perubahan seperti yang tertulis pada unggahan.

Diketahui dalam rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat pada 1 September 2023, SBY menyebut bahwa ada pengkhianatan yang diterima Demokrat sebagai manuver politik yang tidak bermoral. SBY juga menduga bahwa ada pihak yang menjadi mastermind dalam berbagai gerakan manuver politik yang sedang terjadi, namun ia mengaku tidak mengetahui siapa sosok yang menggerakkan ini.

Sumber: YouTube KOMPAS TV

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun TikTok @r4kyatjelata merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.detik.com/jatim/berita/d-6908430/sby-ungkap-ada-menteri-ngajak-koalisi-bawa-bawa-pak-lurah-ada-dalangnya
https://www.kompas.id/baca/video/2023/09/02/sby-ungkap-ada-dalang-di-balik-gagalnya-ahy-jadi-bakal-cawapres
https://www.liputan6.com/pemilu/read/5387572/7-pernyataan-sby-usai-pembelotan-anies-baswedan-dan-nasdem-ke-cak-imin?page=8
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-sby-tuduh-jokowi-sebagai-dalang-dari-pecahnya-koalisi-perubahan