[SALAH] NasDem Akui Terima Aliran Dana Korupsi dari Syahrul Yasin Limpo

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Partai NasDem mengaku telah menerima aliran dana korupsi yang melibatkan Syahrul Yasin Limpo (SYL) merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan bukti kredibel yang menunjukkan bahwa Partai NasDem mengaku telah menerima uang hasil korupsi dari SYL.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1704262678.147196/index.html (TikTok)

=======

[NARASI]: “Terbongkar!! Nasdem Akui Terima Aliran Dana Korupsi dari Mentan Yasin Limpo | Masa Iya Cuma Dapat 20 Juta Sih Pak Syahroni? Bukannya 2 Miliar Ya?:joy:

=======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok @r4kyatjelata mengunggah video dengan klaim bahwa Partai Nasional Demokrat (NasDem) mengaku telah menerima aliran dana korupsi dari mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), yang sebelumnya diduga menikmati hasil uang korupsi senilai Rp 13,9 M.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ditemukan bukti kredibel yang menunjukkan bahwa Partai NasDem mengaku telah menerima aliran dana korupsi dari SYL seperti yang tertulis pada unggahan.

Partai NasDem melalui bendahara umumnya, Ahmad Sahroni, mengungkap bahwa SYL memang pernah memberikan uang ke Fraksi NasDem sebesar Rp 20 juta untuk bantuan bencana alam. Namun, mereka tidak mengetahui asal-usul uang dari SYL tersebut. Meski demikian, Partai NasDem telah mempersilakan KPK untuk menyelidiki dugaan mengalirnya uang korupsi SYL ke partai pimpinan Surya Paloh itu.

Sumber: Liputan 6

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun TikTok @r4kyatjelata merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-nasdem-akui-terima-aliran-dana-korupsi-dari-syahrul-yasin-limpo
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231013190218-12-1011023/kpk-uang-miliaran-diduga-hasil-korupsi-syl-mengalir-ke-nasdem
https://www.liputan6.com/news/read/5421897/nasdem-akui-terima-uang-dari-syahrul-yasin-limpo
https://nasional.tempo.co/read/1783079/ini-rincian-aliran-dana-syahrul-yasin-limpo-ke-nasdem-ada-sumbangan-pelantikan-hingga-bantuan