[SALAH] Video Jokowi Menyaksikan Debat Cawapres

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Video tersebut hasil manipulasi. Faktanya, potret Presiden Jokowi dari belakang tersebut adalah momen saat Jokowi nonton bareng (nobar) final Sea Games 2023 Indonesia vs Thailand. 

[KATEGORI]
Konten yang dimanipulasi

[SUMBER]
TikTok.com
https://archive.cob.web.id/archive/1703777883.839212/index.html

[NARASI]
“Gibran Tanggapi Cak Imin Menolak IKN Dan Gibran Menjawab Pertanyaan Mahfud
#prabowo #prabowopersiden2024 #jokowi #foryou #fypシ #fyp #gibran”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok membagikan video yang menampilkan Presiden Jokowi tengah menyaksikan Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada 22 Desember lalu. Video itu memperlihatkan foto Jokowi dari belakang menggunakan kaos kasual berwarna hijau tosca. Terdapat layar monitor yang cukup besar di depan Jokowi, layar itu menampilkan sesi debat cawapres. 

Faktanya unggahan TikTok tersebut merupakan hasil manipulasi, pengunggah menggabungkan foto dan video dalam satu frame. Hal ini membuat video seperti nyata jika Jokowi menyaksikan debat Cawapres. 

Berdasarkan penelusuran Google Image Search, ditemukan foto yang identik pada foto Jokowi yang menggunakan kaos kasual berwarna hijau tosca. Foto tersebut pernah diunggah di laman rri.go.id pada 17 Mei 2023. Judul artikel unggahan artikel RRI berjudul ” Momen Presiden Nobar Final Timnas U-22 SEA Games.” Saat itu Jokowi menyaksikan final Sea Games Indonesia vs Thailand di rumah dinas Walikota Medan. 

Sedangkan video yang ditampilkan pada layar di hadapan Jokowi, merupakan tayangan debat yang disiarkan oleh kanal Youtube KPU RI. Dengan demikian, unggahan yang menampilkan Jokowi sedang menyaksikan debat cawapres adalah salah. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.  

[REFERENSI]

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-jokowi-menyaksikan-debat-cawapres


https://www.rri.go.id/maluku/sea-games/238485/momen-presiden-nobar-final-timnas-u-22-sea-games

https://www.youtube.com/watch?v=P7eSqmxh0xc

https://www.merdeka.com/jateng/momen-jokowi-nonton-final-sea-games-2023-indonesia-vs-thailand-reaksi-gibran-disorot.html

https://www.youtube.com/watch?v=YzC828FYrwM