[SALAH] Video Najwa Shihab Mempromosikan Situs Judi

PALSU (Deepfake), menggunakan suara Najwa yang dibuat oleh kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence). FAKTA: video yang ASLI berasal dari episode “Vaksin Siapa Takut”, tayang pada tahun 2021 lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/mAT63 (arsip cadangan).

NARASI: “🟢 Cuan Aa Raffi | https://heylink.me/wededufan365/ Info Eksklusif dari Mata Natwa dengan Aa Raffi | By PG Soft Today”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan video PALSU (Deepfake), menggunakan suara Najwa yang dibuat oleh kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence). FAKTA: video yang ASLI berasal dari episode “Vaksin Siapa Takut”, tayang pada tahun 2021 lalu.

Verifikasi Video

Sumber video ASLI, Narasi Newsroom di YouTube pada 17 Jan 2021: “#kapalapi #MataNajwa #Vaksin Presiden Jokowi bersama tokoh publik lainnya divaksinasi COVID-19 hari ini, Rabu 13 Januari 2021. Proses vaksinasinya menyisakan cerita viral, rekaman tangan dokter penyuntik vaksin ke Jokowi gemetar. Dokter itu ialah Abdul Muthalib, wakil ketua Dokter Kepresidenan. …” [2]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate) / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Vaksin Siapa Takut (FULL VERSION) | Mata Najwa” / https://archive.ph/W9gDu (arsip cadangan).