[SALAH] Najwa Shihab Diteror Usai Komentari Video Prabowo

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Najwa Shihab mendapatkan teror dan ancaman setelah mengomentari video Prabowo Subianto yang menarik kerah jaket Bahlil Lahadalia merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan bukti kredibel yang menunjukkan bahwa Najwa Shihab telah mengomentari video Prabowo tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1704177600.878447/index.html (TikTok)

=======

[NARASI]: “MENGERIKAN Nampaknya Darah dan Pola Pikir Pemimpin Otoriter Ala Era Orde Baru Melekat Didalam Diri Prabowo, Hal Tersebut Terlihat dari Intimidasi yang Diberikan Kepada Najwa Shihab Berikan Kritik Soal Penarikan Kerah Baju Bahlil di Acara Debat Cawapres”

=======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok @beritatangguh mengunggah video dengan klaim bahwa jurnalis senior, Najwa Shihab, menerima teror dan ancaman setelah dirinya memberikan komentar mengenai video Prabowo Subianto di acara Debat Cawapres pada 22 Desember 2023. Dalam momen tersebut, diketahui bahwa Prabowo sempat menarik kerah jaket yang dipakai Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ditemukan bukti kredibel yang menunjukkan bahwa Najwa Shihab telah mengomentari video Prabowo yang menarik kerah jaket Bahlil. Sehingga, klaim bahwa Najwa Shihab mendapat ancaman setelah mengomentari video Prabowo tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Meski demikian, diketahui melalui podcast Denny Sumargo, Najwa Shihab bercerita bahwa ia memang kerap menerima ancaman dan peretasan akun redaksi. Salah satu ancaman dan peretasan tersebut ia dapatkan ketika sedang melakukan investigasi terhadap beberapa kasus seperti kasus Ferdy Sambo, penjara mewah milik koruptor, dan mafia bola.

Sumber: CURHAT BANG Denny Sumargo (YouTube)

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun TikTok @beritatangguh merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://narasi.tv/read/narasi-daily/peretasan-30-an-akun-redaksi-narasi-kkj-serangan-terhadap-ham
https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/bali/berita/d-7105934/viral-prabowo-tarik-bahlil-saat-debat-cawapres-begini-faktanya/amp
https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/nasional/20231223134837-617-1041132/viral-video-prabowo-tarik-jas-bahlil-di-debat-cawapres-tkn-buka-suara/amp
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-najwa-shihab-diteror-usai-komentari-video-prabowo