[SALAH] Video Ruangan Roboh akibat Imam di Pakistan Mengutuk Kaum Yahudi

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut menunjukkan panggung runtuh karena jumlah orang yang melebihi batas ruangan saat unjuk rasa salah satu partai politik di Pakistan pada Juli 2018, bukan karena imam tersebut mengutuk kaum Yahudi.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/rhh52#selection-465.0-471.20

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Seorang Imam di Pakistan berkhotbah bahwa dia mendapat mimpi yang mengatakan bahwa semua orang Yahudi harus dimusnahkan. Dia melanjutkan dengan mengatakan, ‘jika ini tidak benar, semoga tanah di bawahku tenggelam.’ Nah, tanah di bawahnya tenggelam. La ilaha illallah!”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru bernama Yossi Goldstein mengunggah video dengan subtitle Bahasa Ibrani. Di video tersebut terlihat panggung yang roboh ketika seorang pria sedang berpidato di mimbar dan didengarkan oleh banyak orang. Yossi Goldstein menklaim, pria tersebut berkata bahwa di dalam mimpinya, jika kaum Yahudi tidak musnah, maka lantai di bawahnya akan runtuh, dan kemudian pernyataan tersebut menjadi kenyataan. Cuitan dan video yang diunggah pada 18 Desember tersebut telah disukai oleh 86 orang, dibagikan dan dikutip ulang lebih dari 50 kali, serta telah dilihat hampir 18,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video yang sama persis telah banyak beredar sejak 2018, terutama di kanal berita internasional. Dilansir dari kanal berita The Express, yang menggunakan video serupa di salah satu artikelnya, menyatakan bahwa video tersebut merupakan insiden panggung runtuh di tengah unjuk rasa partai politik Jamaat-e-Islami di Distrik Mohmand, Peshawar, Pakistan pada Juli 2018 lalu.

Informasi serupa juga ditulis oleh kanal berita Geo News, dengan judul artikel “Stage collapses during JI election campaign rally” dan diunggah pada 18 Juli 2018.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh Yossi Goldstein merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-ruangan-roboh-akibat-imam-di-pakistan-mengutuk-kaum-yahudi


https://tribune.com.pk/story/1761034/ji-leaders-unharmed-stage-collapses-mohmand-agency


https://www.geo.tv/latest/203794-stage-collapses-during-ji-election-campaign