[SALAH] Foto Kegiatan Astronot di International Space Station Luar Angkasa Ternyata di Kolam Berenang

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya foto kolam renang tersebut adalah tempat pelatihan astronot yang dikenal sebagai Laboratorium Neutral Buoyancy. Diketahui astronot berlatih di kolam untuk menyimulasikan kondisi microgravity seperti di luar angkasa.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumbe: Instagram

https://ghostarchive.org/iarchive/instagram/flatworldlogic/3248426429320770895

= = =

Narasi:

“The International Space Station is Real. It’s in This Pool … and These are Spacewalks. International Swimming Station :swimmer:”

Terjemahan:

“Stasiun Luar Angkasa Internasional Itu Nyata. Ada di Kolam Ini… dan Ini adalah Spacewalks. Stasiun Renang Internasional :swimmer:”

= = =

Penjelasan:

Sebuah foto kolam renang di Instagram di klaim merupakan tempat aktivitas kegiatan astronot di luar angkasa. Kolam renang tersebut disebut juga merupakan penampakan di balik layar dari International Space Station.

Setelah ditelusuri klaim tersebut keliru, foto tersebut merupakan Astronaut Training Pool di mana tempat para astronot berlatih untuk menyimulasikan kondisi microgravity agar terbiasa berkegiatan di luar angkasa. Tempat tersebut adalah Laboratorium Neutral Buoyancy yang dikelola oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Dengan demikian, foto Internasional Space Station ternyata berada di kolam renang adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/fact-check/iss-footage-is-not-filmed-nasa-training-pool-2023-12-15/

https://arstechnica.com/science/2013/03/swimming-with-spacemen/

https://www.nasa.gov/johnson/neutral-buoyancy-laboratory/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-kegiatan-astronot-di-international-space-station-luar-angkasa-ternyata-di-kolam-berenang

= = =