[SALAH] Disdukcapil, KPU, dan China Taipan Bekerja Sama Memenangkan Salah Satu Capres

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Klaim yang dikaitkan dengan foto tersebut adalah hoaks lama yang beredar kembali dan sudah dibantah beberapa keasliannya. 3 KTP dan 3 NPWP dengan orang yang sama dalam foto tersebut dikirim dari Kamboja yang akan digunakan untuk kejahatan finansial. Tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024 mendatang.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumbe: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/5qsqy

= = =

Narasi:

“PERSIAPAN 2024. Satu Orang 3 KTP & NPWP”

“PARAAAAAHHH !!!!! Kantor Disdukcapil, KPU dan China Taipan SUDAH BEKERJA SAMA untuk pemenangan salah satu CAPRES!? 1 orang keturunan China punya 3 KTP dan 3 Kartu NPWP, Mohon di VIRALKAN !!!!!”

= = =

Penjelasan:

Beredar foto yang menunjukkan 3 KTP dan 3 NPWP dengan orang yang sama yang diklaim merupakan kerja sama antara Disdukcapil, KPU, dan China Taipan untuk memenangkan salah satu Capres pada Pilpres 2024.

Pemeriksa fakta Mafindo pada laman turnbackhoax.id sejak 2017 sudah membantah klaim bahwa foto tersebut berhubungan dengan politik untuk memenangkan salah satu calon pada suatu pemilihan umum.

Foto yang sudah berulang kali dijadikan bahan hoax pemilu tersebut diduga berasal dari Kamboja dan akan digunakan untuk kejahatan finansial seperti penipuan atau pencucian uang, seperti yang dijelaskan oleh Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi melalui BBC.com pada Februari 2017.

Dengan demikian, temuan 3 KTP dan 3 NPWP dengan satu orang yang sama adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-38915938

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-disdukcapil-kpu-dan-china-taipan-bekerja-sama-memenangkan-salah-satu-capres

= = =