[SALAH] Video Nelayan Surabaya Hadang Kapal Rohingya

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Video nelayan yang menghadang kapal Rohingya tersebut bukan di Surabaya. Aslinya, video terjadi di Laut Aceh pada 11 Desember 2023.

[KATEGORI]
Konteks yang Salah

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1703578326.422616/index.html

[NARASI]
“NELAYAN SURABAYA PERTAHANKAN KEDAULATAN LAUT, HADANG KAPAL ROHINGYA”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok mengunggah video yang mengklaim nelayan di kawasan Laut Surabaya sedang menghadang kapal pengungsi Rohingya. Video tersebut memperlihatkan terdapat dua kapal yang tengah berhadapan. Kapal berwarna hijau adalah kapal nelayan dan kapal berwarna coklat merupakan kapal yang membawa pengungsi Rohingya. Pengunggah menambahkan narasi jika kejadian itu terjadi di Laut Surabaya.

Faktanya, video tersebut bukan di Surabaya melainkan di Laut Aceh. Kanal YouTube tvOneNews, pernah mengunggah video yang identik dengan klaim. Unggahan itu dapat dilihat di kanal YouTube tvOneNews dengan judul “Aksi Nelayan Usir dan Adang Pengungsi Rohingya yang Tiba di Laut Aceh | tvOne Minute” yang diunggah pada 11 Desember 2023.

Selain kanal YouTube tvOneNews, kanal YouTube viva.co.id juga mengunggah video yang identik pada 16 Agustus 2023. Unggahan tersebut berjudul ” Aksi Nelayan Lokal Cegat Pengungsi Rohingya di Tengah Laut,” video tersebut menjelaskan bahwa warga Aceh telah melakukan berbagai cara untuk menghalangi pengungsi Rohingya masuk ke wilayah Aceh.

[REFERENSI]
https://youtu.be/9dUCmk-BwFs?si=UCnCmEqAfP7eQVQN

https://youtu.be/LZ_At8d4cYs?si=dY4O3MbUhZbhHVrt

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-nelayan-surabaya-hadang-kapal-rohingya