[SALAH] Prabowo Ketangkap Basah, Aparat Temukan Uang Triliunan Hasil Dana Gelap

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Prabowo ketangkap basah dan aparat temukan uang triliunan hasil dana gelap adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:https://archive.cob.web.id/archive/1703689855.594166/index.html

====
[NARASI]: “GEGER MALAM INI || BOWO KET4NGKAP BASAH APARAT, TEMUKAN UANG TRILIUN HASIL DANA GELAP”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “SALURAN POLITIK” pada tanggal 21 Desember 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Prabowo ketangkap basah dan aparat temukan uang triliunan hasil dana gelap. Faktanya tidak ada bukti kredibel mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan penjelasan batalnya penangkapan Prabowo atas temuan uang hasil korupsi. Video berdurasi 8 menit 5 detik tersebut membahas mengenai tanggapan Roy Suryo terkait dana kampanye untuk paslon capres dan cawapres Prabowo-Gibran. Roy menyebut bahwa dana yang digelontorkan tim Prabowo-Gibran ternyata tidak sedikit yakni sebesar 400 Triliun.

Setelah dilakukan penelusuran, narasi dalam video tersebut identik dengan artikel berita milik kilat.com yang berjudul “Roy Suryo Soroti Pernyataan Dana Kampanye TKN Prabowo dan Gibran Rakabuming Capai Rp400 Triliun! Netizen Remehkan: Duit dari Mana?” dan diupload pada tanggal 19 Desember 2023. Adapun setelah ditelusuri berita dengan klaim serupa telah banyak beredar dan telah dikonformasi kominfo bahwa berita tersebut adalah hoax.
==========

[REFERENSI]

[1] https://www.kominfo.go.id/content/detail/52551/disinformasi-prabowo-subianto-ditangkap-kpk/0/laporan_isu_hoaks
[2] https://www.kilat.com/nasional/84411243521/roy-suryo-soroti-pernyataan-dana-kampanye-tkn-prabowo-dan-gibran-rakabuming-capai-rp400-triliun-netizen-remehkan-duit-dari-mana?page=2
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-prabowo-ketangkap-basah-aparat-temukan-uang-triliunan-hasil-dana-gelap