[SALAH] Hakim MK Bacakan Pembatalan Cawapres Gibran Depan Jokowi Langsung

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Video pembatalan Gibran jadi cawapres oleh Hakim MK adalah konten tidak benar. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut. Foto dalam thumbnail hanya editan semata.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====
[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1703729066.534932/index.html

====

[NARASI]: “GEGER PAGI INI || HAKIM MK BACAKAN PEMBATALAN CAWAPRES GIBRAN DEPAN JOKOWI LANGSUNG”

====
[PENJELASAN]:
Akun Youtube “SALURAN POLITIK” pada tanggal 19 Desember 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim Hakim MK bacakan pembatalan cawapres Gibran di depan Presiden Jokowi langsung. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

Video berdurasi 8 menit 5 detik tersebut sama sekali tidak membahas pembatalan tersebut. Unggahan tersebut justru membahas aliran dana kampanye oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang diduga bersumber dari penyalahgunaan fasilitas pinjaman Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di salah satu daerah di Jawa Tengah. Namun hingga saat ini belum ada konfirmasi mengenai hal tersebut. Narasi dalam unggahan tersebut identik dengan artikel milik tempo.co yang berjudul “TKN Prabowo-Gibran Bungkam soal Penyalahgunaan Kredit BPR di Jawa Tengah yang Diduga Mengalir ke Koperasi Garudayaksa”.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada informasi yang kredibel terkait pembatalan cawapres Gibran. Saat ini Prabowo-Gibran merupakan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang sah dalam pilpres 2024. Bahkan setelah dilakukan penelusuran foto dalam thumbnail aslinya merupakan pengucapan sumpah oleh hakim konstitusi Daniel Yusmic Pancastaki Foekh dan Suhartoyo di Istana negara pada Januari 2020. Sehingga tidak ada hubungannya dengan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden 2024 mendatang..
==========
[REFERENSI]
[1] https://nasional.tempo.co/read/1810382/tkn-prabowo-gibran-bungkam-soal-penyalahgunaan-kredit-bpr-di-jawa-tengah-yang-diduga-mengalir-ke-koperasi-garudayaksa
[2] https://www.presidenri.go.id/foto/presiden-saksikan-pengucapan-sumpah-hakim-konstitusi/
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-hakim-mk-bacakan-pembatalan-cawapres-gibran-depan-jokowi-langsung