[SALAH] Gibran Ajukan Mundur Dari Politik Gegara Hal Mengejutkan Ini

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Gibran mengajukan undur diri dari politik adalah konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi mengenai hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1703688698.68679/index.html

====
[NARASI]: “GEMPAR SIANG INI || GIBRAN AJUKAN MUNDUR DARI POLITIK GEGARA HAL MENGEJUTKAN INI”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “SALURAN POLITIK” mengunggah video dengan klaim bahwa Gibran Rakabuming mengajukan mundur dari politik. Faktanya tidak ada bukti kredibel mengenai hal tersebut. Saat ini Gibran maju sebagai Cawapres nomor urut 02 dalam pilpres 2024.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut membahas mengenai pernyataan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran terkait adanya sumber “celengan rahasia” pendanaan baru bagi jagoannya untuk membiayai program dan janji kampanye jika menang Pilpres 2024. Dan respon Kemenkeu terhadap hal tersebut.

Setelah dilakukan penelusuran tidak ditemukan bukti yang kredibel terkait mundurnya Gibran dari politik beserta alasannya seperti pada klaim. Sehingga dapat disimpulkan unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20231220130219-532-1039647/respons-kemenkeu-soal-celengan-rahasia-rp104-t-temuan-kubu-prabowo

[2] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gibran-ajukan-mundur-dari-politik-gegara-hal-mengejutkan-ini