[SALAH] Video Warga Amerika Membuang Baju Zara karena Iklan yang Menyinggung Korban di Gaza

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut merupakan hasil buatan AI.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://perma.cc/AK9X-TLU4

= = =

Narasi:

“After Zara made a disrespectful ad about the Gaza conflict, Americans are throwing away all their Zara clothes in front of the company. Zionism is the new WOKE🔥🔥🔥”

Terjemahan:

Setelah Zara membuat iklan yang tidak sopan tentang konflik Gaza, orang Amerika membuang semua pakaian Zara mereka di depan perusahaan.Zionisme adalah BANGUNAN baru 🔥🔥🔥”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video menunjukkan tumpukkan baju berserakan di kawasan New York Time Square Amerika Serikat yang diklaim baju-baju tersebut adalah brand Zara sebagai bentuk aksi protes warga New York karena brand tersebut menyinggung korban di Gaza pada iklannya.

Setelah ditelusuri video tersebut sebelumnya sudah terpublikasi melalui akun TikTok Vestiaire Collective pada 16 November, hampir sebulan sebelum iklan Zara yang kontroversial. Vestiaire Collective merupakan layanan aplikasi yang menawarkan pre-loved fashion bekas yang berdedikasi untuk mentransformasi industri fashion demi masa depan yang lebih berkelanjutan.

Melalui AFP, pihak Vestiaire Collective menyebut bahwa video tersebut dibuat dengan AI untuk menunjukkan betapa banyaknya sampah dari hasil produksi tekstil yang berlebih untuk mengampanyekan gerakan fashion sirkular.

Dengan demikian, warga Amerika membuang baju Zara karena iklan yang menyinggung korban di Gaza adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.347W32L

@vestiairecollective

With 92 million tons of textiles sent to landfill every year, now’s the time to act. That’s why, from today, we’re banning another 30 fast fashion brands from Vestiaire Collective, including Zara, H&M, Gap, Abercrombie & Fitch, Mango, Urban Outfitters, and Uniqlo. Ready to join the movement? #thinkfirstbuysecond

♬ original sound – Vestiaire Collective – Vestiaire Collective

https://www.bcorporation.net/en-us/find-a-b-corp/company/vestiaire-collective/#:~:text=Vestiaire%20Collective%20is%20the%20leading,practices%20of%20the%20fashion%20industry.

https://www.reuters.com/fact-check/video-does-not-show-thrown-out-zara-clothes-amid-calls-boycott-2023-12-15/

= = =