[SALAH] Link Video Mesum Melalui DM Instagram

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Modus penipuan phishing. Bila link yang dikirimkan melalui DM Instagram diklik, maka korban akan diarahkan ke situs phising dan diminta memasukkan kredensial Instagram.

=====

[KATEGORI]: Konten Palsu

=====

[SUMBER]: Instagram

=====

[NARASI]: “P Kamu udah liat g video live mesum temen km yg sebut nama ig km”

=====

[PENJELASAN]:

Upaya penipuan dengan metode phishing kembali beredar melalui Direct Message Instagram. Pelaku mengirimkan pesan berisi informasi bahwa ada video mesum yang menampilkan teman korban.

Setelah ditelusuri pada media sosial Twitter/X, banyak warganet yang mengatakan bahwa pernah mengalami hal serupa. Pengirim pesan akan mengirimkan tautan yang diklaim sebagai video mesum yang dimaksud.

Dikutip dari Kompas, pakar keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan, penipuan melalui DM Instagram tersebut merupakan phishing dengan modus video porno.

Phishing merupakan kejahatan digital yang menargetkan data sensitif atau informasi korban melalui unggahan media sosial, pesan teks, atau email. Istilah tersebut merupakan bentuk lain dari kata “fishing” dalam bahasa Inggris yang artinya memancing. Bila link yang dikirimkan melalui DM Instagram diklik, maka korban akan diarahkan ke situs phising dan diminta memasukkan kredensial Instagram.

=====

[REFERENSI]:

– https://twitter.com/bisheaa/status/1735884068603261426?s=61&t=gpa6SiCiEHYYNvPXLvYBag
– https://www.kompas.com/tren/read/2023/06/08/133000365/modus-penipuan-terbaru-lewat-dm-instagram-pelaku-kirim-link-video-mesum#google_vignette