[SALAH] Video Seorang Prajurit AS Berdoa Agar Donald Trump Jadi Presiden di Depan Joe Biden

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut didubbing dengan audio palsu, dalam video asli tidak terdengar kalimat prajurit tersebut agar Donald Trump kembali menjadi Presiden Amerika menggantikan Joe Biden.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Twitter

https://perma.cc/UR2P-CDRV

= = =

Narasi:

“#ICantStandLiberals this soldier  prays to god for trump to replace Joe… but he does it right in front of Joe.”

“So anyway, please get rid of Joe Biden and bring back the real president, Donald J Trump. Amen”

Terjemahan:

“#ICantStandLiberals prajurit ini berdoa kepada Tuhan agar Trump menggantikan Joe… tapi dia melakukannya tepat di depan Joe.”

“Jadi, tolong singkirkan Joe Biden dan kembalikan presiden sebenarnya, Donald J Trump. Amin”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video menunjukkan seorang prajurit yang sedang membacakan doa penutupan seperti di penghujung acara di hadapan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Namun isi doa tersebut berharap agar Joe Biden disingkirkan dan presiden dikembalikan kepada Donald Trump.

Namun setelah ditelusuri video asli yang dipublikasi melalui channel YouTube The White House, tidak terdengar kalimat doa seperti pada postingan tersebut. Diduga video dalam postingan tersebut adalah hasil manipulasi dengan menambahkan dubbing suara lain.

Dalam video asli, prajurit tersebut dalam doanya mengucapkan terima kasih atas kebebasan Amerika, anggota militer dan keluarga serta teman-temannya, dan ia memohon bimbingan, dukungan dan perlindungan bagi Amerika Serikat dan militernya.

Dengan demikian, prajurit Amerika berdoa agar Donald Trump kembali jadi presiden di depan Joe Biden adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

= = =