[SALAH] Presiden Korea Selatan jadi Pemimpin Asing Pertama yang Menaiki Kereta Kerajaan Inggris

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya menaiki kereta kerajaan sudah menjadi upacara protokol untuk menyambut pemimpin dari negara-negara lain yang berkunjung ke Kerajaan Inggris. Raja Charles III sebelumnya pernah mengantar presiden Afrika Selatan ke Istana Buckingham, pada 2012 Ratu Elizabeth II juga melakukan hal yang sama saat Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Inggris.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/UNRX1

= = =

Narasi:

“Presiden Yoon adalah pemimpin asing pertama yang naik kereta bersama Raja Inggris… Langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya ini berarti bahwa Korea dianggap sebagai sekutu sedarah.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Facebook yang menyebut Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol menjadi pemimpin asing pertama yang menaiki kereta Kerajaan Inggris bersama King Charles III pada November 2023.

Namun setelah ditelusuri faktanya beberapa pemimpin negara yang sebelumnya mengunjungi Inggris menaiki kereta yang sama ketika berkunjung ke Istana Buckingham, penyambutan tersebut sudah menjadi upacara protokol ketika pemimpin dari negara-negara lain yang berkunjung ke Kerajaan Inggris.

Sebelumnya pada November 2022 Raja Charles III juga menyambut Presiden Afrika Selatan dengan kereta yang sama. Selain itu, Presiden Indonesia Ketujuh, Susilo Bambang Yudhoyono juga menaiki kereta yang sama bersama Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Istana Buckingham pada November 2012. Sehingga Yoon Suk-yeol bukan pemimpin asing pertama yang menaiki kereta Kerajaan Inggris tersebut.

Dengan demikian, Presiden Korea Selatan jadi pemimpin asing pertama yang menaiki kereta Kerajaan Inggris adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.royal.uk/what-is-a-state-visit#:~:text=The%20visiting%20party%20is%20invited,and%20the%20Tower%20of%20London.

https://www.itv.com/news/2022-11-22/king-charles-welcomes-south-african-leader-on-first-state-visit-of-his-reign

https://www.merdeka.com/peristiwa/presiden-sby-dan-ratu-elizabeth-ii-naik-kereta-kuda-di-inggris.html

= = =