[SALAH] VIDEO KEMUNCULAN HARIMAU DI BANDUNG

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut merupakan video penampakan Harimau Sumatera di PLTA Simarboru Tapanuli Selatan yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1701967105.956484/index.html (Facebook)

=====

[NARASI]: kemunculan harimau di Bandung budi indah cimbelleuit Bandung Saabtu 25-11-2023
#harimaulucu #bandung #viralkan

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video pendek yang menampilkan seekor harimau diantara pohon dan gundukan tanah dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa harimau tersebut muncul di daerah Ciumbuleuit, Cicadap, Bandung, Jawa Barat beredar dari akun facebook bernama Ariouwow.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video identik dengan klaim tersebut dari video pendek yang diunggah oleh channel youtube Sapar Uddin. Dalam keterangannya menjelaskan bahwa video tersebut merupakan penampakan Harimau Sumatera di PLTA Simarboru Tapanuli Selatan.

Selain itu ditemukan juga gambar identik seperti yang ditampilkan dalam video tersebut pada artikel analisamedan.com berjudul “Harimau Sematera Terlihat di desa Marancar Godang, Tapsel”.

Artikel tersebut menjelaskan bahwa video tersebut pertama kali diunggah pada 3 November 2023 oleh akun facebook bernama Dolok Suanon Siregar. Video tersebut diambil dari dalam mobil ketika berada di sekitar lokasi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Kecamatan Marancar, Tapanuli Selatan.

Dengan demikian, video dengan klaim narasi harimau muncul di Bandung termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

========

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/07/084000282/-hoaks-video-kemunculan-harimau-di-bandung#google_vignette

https://www.analisamedan.com/nasional/harimau-sumatera-terlihat-di-desa-marancar-godang-tapsel/