[SALAH] Video “π—ž 𝗔 π—₯ 𝗠 𝗔 (Kedua pemburu itu dimakan oleh saudara RAJA)”

Video editan. Sebuah perusahaan produksi Australia bernama “The Woolshed Company” telah mengakui membuat video palsu tersebut pada tahun 2016.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Twitter / X 𝕃𝔸℀𝕄𝔼ℕ * 𝕃𝔼ℝ𝕄𝔸 (twitter.com/LERMA2U) pada 30 November 2023 mengunggah sebuah video yang menampilkan pria dan wanita yang sedang berfoto di belakang seekor singa hasil buruan lalu kemudian mereka diserang oleh singa lain dengan narasi:

“π—ž 𝗔 π—₯ 𝗠 𝗔 (Los 2 cazadores fueron devorados por el hermano de el REY)” (Terjemahan: “π—ž 𝗔 π—₯ 𝗠 𝗔 (Kedua pemburu itu dimakan oleh saudara RAJA)”)

Sumber: archive.ph/6OIGH (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang beredar dengan klaim adanya pria dan wanita yang diserang oleh seekor singa saat berfoto dengan hasil buruannya merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, video itu merupakan video editan. Sebuah perusahaan produksi Australia bernama “The Woolshed Company” telah mengakui membuat video palsu tersebut pada tahun 2016.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka membuat video tersebut untuk mempelajari apa yang menjadi viral di internet. Perusahaan tersebut telah membuat serangkaian video viral palsu termasuk video yang menunjukkan seorang perenang berhadapan langsung dengan hiu.

Dilansir dari AFP, bukti lebih lanjut bahwa video tersebut palsu dapat ditemukan dengan menganalisis singa β€œhidup” yang menyerang para pemburu liar. Video singa yang lari dari kamera ini sebenarnya difilmkan dengan latar belakang biru dan tersedia di situs web Getty. Itu dimasukkan ke dalam video palsu menggunakan perangkat lunak untuk memadukan adegan yang berbeda menjadi satu.

REFERENSI
https://www.abc.net.au/news/2016-07-13/how-to-make-a-viral-video/7589130
https://factcheck.afp.com/couple-poachers-attacked-lion-fake-video
https://www.gettyimages.co.uk/detail/video/lion-runs-towards-then-jumps-over-camera-with-blue-stock-video-footage/1BT8460_0163?adppopup=true

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo