[SALAH] TENTARA YAMAN MENGEJAR DAN MENGEPUNG KAPAL SELAM ISRAEL

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Konteks keliru, video tersebut bukanlah pengepungan kapal selam Israel oleh Houti, melainkan penangkapan kapal selam yang diduga membawa narkoba oleh Penjaga Pantai Amerika Serikat.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1701359064.746965/index.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
ALLAHU AKBAR
kurang keren gimana lagi ini para mujahid kita ..
Mujahid Houthi yaman yang gagah berani
Mengepung kapal selam milik isrewel
#FreeFalistine
#Yaman

ALJAZAIR. TENTARA YAMAN MENGEJAR DAN MENGEPUNG KAPAL SELAM ISREAL…
YAMAN YANG PEMBERANI

=======

[PENJELASAN]:
Beredar video di media sosial facebook dari akun bernama Arumi Nanda yang menampilkan penangkapan kapal selam dengan narasi yang mengklaim bahwa kelompok Houthi Yaman menyergap kapal selam Israel.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video identik seperti yang ditampilkan dalam video klaim tersebut dari channel youtube resmi Bloomberg Quicktake dengan judul “U.S. Coast Guard Apprehends Suspected Drug-Smuggling Submarine” yang tayang pada 12 Juli 2019.

Video tersebut merupakan peristiwa penangkapan kapal selam yang diduga menampung barang selundupan berupa narkoba oleh Penjaga Pantai Amerika Serikat saat operasi di perairan internasional Samudera Pasifik timur pada 18 Juni 2019.

Dengan demikian, klaim narasi yang mengklaim bahwa kelompok Houthi Yaman menyergap kapal selam Israel adalah keliru dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/30/185900082/-hoaks-video-houthi-yaman-sergap-kapal-selam-israel?page=all#page2