[SALAH] CNN BERITAKAN BENDERA ISRAEL BERKIBAR DI GEDUNG PUTIH

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Gambar yang dimanipulasi. Faktanya bendera yang berkibar di atas Gedung Putih bukanlah bendera Israel melainkan bendera Amerika Serikat dan tidak ditemukan pemberitaan di situs cnn.com terkait pengibaran bendera Israel di Gedung Putih.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1701539394.641147/index.html (Twitter)

=======

[NARASI]:
(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia)

:rotating_light:BREAKING:rotating_light: Pemerintahan Biden baru saja memerintahkan pencopotan Bendera Amerika di atas Gedung Putih dan menyerukan agar bendera Israel dikibarkan sebagai gantinya.

Sumber mengatakan bahwa tekanan datang dari kelompok pro-zionis yang mengklaim bendera Amerika “anti-semit”

Apakah Anda mendukung ini?

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah gambar pemberitaan media Amerika Serikat (AS) CNN menampilkan bendera Israel berkibar di atas Gedung Putih beredar di media sosial Twitter (X) dari akun dengan nama pengguna @TheOfficial1984 pada 18 November 2023.

Setelah ditelusuri, ditemukan gambar identik dari situs reuters.com. Foto-foto yang terdapat di situs tersebut sama sekali tidak menampilkan bendera Israel berkibar di atas Gedung Putih melainkan bendera Amerika Serikat.

Dalam foto aslinya terdapat keterangan bendera AS berkibar penuh kurang dari 48 jam setelah kematian John McCain di Gedung Putih, Washington, AS. Foto tersebut diambil oleh Kevin Lamarque pada 27 Agustus 2018.

Selain itu, hasil pencarian di situs cnn.com sama sekali tidak ditemukan pemberitaan terkait pengibaran bendera Israel di Gedung Putih. Logo CNN yang terdapat dalam gambar tersebut merupakan hasil manipulasi dan seolah-olah informasi tersebut diberitakan oleh CNN.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa gambar bendera Israel berkibar di atas Gedung Putih adalah konten manipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/01/122000882/manipulasi-foto-bendera-israel-berkibar-di-gedung-putih

https://pictures.reuters.com/archive/USA-MCCAIN–RC1AA5C44370.html#/SearchResult&ITEMID=RC1AA5C44370&POPUPPN=1&POPUPIID=2C0FQE3Y5ZGKI

https://edition.cnn.com/search?q=Israel+flag+white+house&from=0&size=10&page=1&sort=newest&types=all&section=