[SALAH] Takut Dihajar Anies Cak Imin||Gibran Pilih Kabur & Akui Semua “Otak Saya Kosong”

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Informasi tidak benar. Thumbnail pada video YouTube tersebut foto Gibran saat menyerahkan berkas pendaftaran anggota PDI Perjuangan di kantor DPC PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9/2019). Tidak ditemukan pernyataan Gibran yang menyebut “otak saya kosong.”

[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]
YouTube.com
https://archive.cob.web.id/archive/1701165095.273422/index.html

[NARASI]
“Takut Dihajar Anies Cak Imin||Gibran Pilih Kabur & Akui Semua “Otak Saya Kosong”

[PENJELASAN]
Sebuah akun YouTube mengunggah video yang mengklaim Gibran mengakui otaknya kosong. Akun Youtube itu mengunggah thumbnail foto Gibran tengah diwawancara dihadapan media. Pengunggah memberikan narasi pada thumbail ” BREAKING NEWS!!!
MEMANG OTAK SAYA KOSONG GIBRAN AKUI SEMUANYA DIDEPAN MEDIA.” Faktanya klaim tersebut tidak benar.

Setelah dilakukan penelurusan Google Image Search ditemukan foto yang identik saat Gibran diwawancara media. Foto tersebut diunggah laman Kompas.com pada 16 Oktober 2019. Dalam keterangan fotonya, dijelaskan bahwa Gibran menyerahkan berkas pendaftaran anggota PDI Perjuangan di kantor DPC PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9/2019). Gibran Rakabuming Raka daftar menjadi kader PDI Perjuangan sebagai syarat untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Pilkada tahun 2020. 

Tidak ditemukan pernyataan Gibran pada video Youtube tersebut yang menyatakan bahwa Gibran mengakui otaknya kosong. Isi video menarasikan artikel Jpnn.com dengan judul “Cuma Gibran yang Tak Bisa, Ada Isinya Apa Kosong?” yang diunggah pada 24 November 2023. 

[REFERENSI]
https://regional.kompas.com/read/2019/10/16/08000001/menyoal-gibran-maju-pilkada-solo-bukan-pilihan-pdi-p-solo-hingga-anjuran?page=all

https://www.jpnn.com/news/cuma-gibran-yang-tak-bisa-ada-isinya-apa-kosong