[SALAH] Video Demonstrasi Aksi Palestina di Barcelona

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut merupakan protes anti lockdown di Barcelona terjadi pada tahun 2020.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1698241531.045484/singlefile.html

=====

Narasi
“Demonstrasi ini Barcelona, penduduk mengecam polis dan menunjuk perasaan terhadap pembunuhan beramai-ramai Israel terhadap orang awam Gaza”

=====

Penjelasan:
Akun Tiktok @zekisya mengunggah video yang menunjukkan bentrok warga yang pro Palestina dengan polisi. Pengguna Tiktok tersebut mengklaim demonstrasi tersebut terjadi di Barcelona dan diunggah pada 13 November tersebut telah disukai 21 orang, dikutip dan dibagikan ulang oleh 19 orang, serta telah dilihat hampir 8,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut merupakan video lama yang terjadi pada tahun 2020 di Barcelona antara pendemo anti lockdown dengan polisi, bukan “PRO PALESTINA”. Dilansir dari dailymail.uk, kejadian tersebut terjadi karena perintah lockdown kembali diberlakukan di seluruh Eropa.

Selain itu, video yang sama persis juga ditemukan di akun Twitter oleh @ScarcityStudios diunggah pada 2 November 2020. Narasi dalam akun juga menjelaskan bentrok yang terjadi pada malam hari mengakibatkan petugas kepolisian terluka.

Dengan demikian, video bentrok antara pro Palestina dengan polisi adalah keliru dan masuk kategori konten menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.dailymail.co.uk/video/news/video-2282754/Video-Violent-clashes-police-Barcelona-Coronavirus-restrictions.html


https://twitter.com/ScarcityStudios/status/1323050350488768516?