[SALAH] “Indonesia Putuskan Gabung Rusia dan Iran Bantu Serang Israel”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tidak ada sumber valid yang membuktikan Indonesia bersama Rusia dan Iran bergabung untuk bantu serang Israel. Narator dalam video tersebut juga tidak menjelaskan dan memberikan bukti soal bergabungnya Indonesia dengan Rusia dan Iran.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/DM9A-UJTH

= = =

Narasi:

“Indonesia Putuskan Gabung! Rusia dan iran BanTu Serang israel”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Facebook yang berjudul bahwa Indonesia bergabung dengan Rusia dan Iran untuk bantu serang Israel.

Hasil penelusuran menemukan bahwa klaim tersebut menyesatkan, faktanya tidak ada sumber valid yang membuktikan Indonesia bersekutu dengan Rusia dan Iran untuk menyerang Israel. Hasil penelusuran Kompas.com narator dalam video tersebut tidak menjelaskan dan memberikan bukti soal bergabungnya Indonesia Bersama Rusia dan Iran untuk menyerang Israel.

Mengutip dari Kompas.com bahwa pengiriman pasukan ke Palestina untuk menyerang Israel tidak sesuai dengan amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. “Kita kan netral, politik luar negeri kita jelas, yaitu bebas aktif,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Julius Widjojono.

Dengan demikian, Indonesia bergabung dengan Rusia dan Iran untuk serang Israel  adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/17/084100882/-hoaks-indonesia-gabung-rusia-dan-iran-untuk-serang-israel?page=all#page2

= = =