[SALAH] Terbukti Tak Bersalah Jessica Wongso Laporkan Ayah Mirna

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Jessica Wongso laporkan ayah Mirna setelah dirinya terbukti tak bersalah adalah konten yang dimanipulasi. Tidak ada bukti yang valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1700980944.884218/index.html

====
[NARASI]: “GEGER MALAM INI..!! TERBUKTI TAK BESALAH JESICCA WONGSO LAPORKAN AYAH MIRNA”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “BENANG MERAH” mengunggah video dengan klaim bahwa Jessica Wongso laporkan ayah Mirna setelah dirinya terbukti tak bersalah. Faktanya tidak ada bukti kredibel mengenai hal tersebut. Hingga saat ini diketahui Jessica Wongso masih menjalani masa tahanannya di Lapas Pondok Bambu.

Setelah menonton keseluruhan video, unggahan berdurasi 10 menit tersebut justru membahas tentang usaha Tim Aliansi Advokat pembela Jessica Wongso yang bekerja untuk membuktikan Jessica Wongso tidak bersalah. Bahkan hakim Binsar Gultom dilaporkan oleh tim pengacara Jessica Wongso ke Badan Pengawas Mahkamah Agung (Bawas MA) terkait dugaan pelanggaran etik.

Diketahui narasi dalam video diatas identik dengan artikel berita milik jawapos.com yang berjudul “Jessica Wongso Akan Laporkan Ayah Mendiang Mirna Salihin ke Bareskrim Polri Minggu Depan”. Dalam artikel asli tersebut dijelaskan bahwasannya Tim Aliansi Advokat Pembela Jessica Wongso masih sedang bekerja mempersiapkan laporan polisi ke Bareskrim Polri mau melaporkan seseorang berinisial DS terkait dugaan menyembunyikan barang bukti. Diduga inisial DS itu adalah ayah mendiang mirna.

Lebih lanjut tidak ada bukti yang kredibel mengenai bukti Jessica tidak bersalah dan melaporkan ayah Mirna ke penjara. Dilansir dari detik.com 26 September 2023 Edi Darmawan Salihin dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas tuduhan dugaan pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak oleh karyawannya. Sehingga disimpulkan unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.
.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.jawapos.com/kasuistika/013322181/jessica-wongso-akan-laporkan-ayah-mendiang-mirna-salihin-ke-bareskrim-polri-minggu-depan
[2] https://www.detik.com/jogja/berita/d-7024212/ayah-mirna-salihin-dilaporkan-ke-polda-metro-jaya-kasus-apa
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-terbukti-tak-bersalah-jessica-wongso-laporkan-ayah-mirna