[SALAH] Suasana Istana Tegang, Jokowi Pamit Mengundurkan Diri

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Presiden Jokowi pamit undur diri dari istana adalah konten yang tidak benar. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:https://archive.cob.web.id/archive/1700923424.000983/index.html

====
[NARASI]: “GEGER SORE INI..!! SUASANA ISTANA TEGANG JOKOWI PAMIT MENGUNDURUKAN DIRI”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Benang Merah” mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden Jokowi pamit undur diri dari istana. Faktanya tidak ada bukti valid ataupun pernyataan resmi mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video hanya pernyataan dari salah satu pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie meminta Presiden Jokowi mengundurkan diri dari jabatannya. Ternyata narator hanya membacakan narasi dari koranmadura.com yang berjudul “Pengamat Militer Ini Desak Jokowi Mundur daripada Dijatuhkan Lewat People Power”.

Video berdurasi 8 menit tersebut sama sekali tidak membahas mengenai pengunduran diri Presiden Jokowi dari jabatannya. Setelah dilakukan penelusuran, hingga saat ini tidak ada bukti valid terkait klaim tersebut. Lebih lanjut foto dalam thumbnail sangat identik dengan foto yang diunggah dalam kanal medcom.com yaitu saat Presiden Jokowi berdiskusi dengan Wapres Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Kerja pada 24/10/2015. Sehingga disimpulkan bahwa unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.koranmadura.com/2023/11/pengamat-militer-ini-desak-jokowi-mundur-daripada-dijatuhkan-lewat-people-power/
[2] https://www.medcom.id/ekonomi/energi/JKRoRExN-petinggi-general-electric-temui-jokowi-lanjutkan-proyek-listrik
[3] https://www.kominfo.go.id/content/detail/35777/disinformasi-jokowi-mengundurkan-diri-dari-jabatan-presiden/0/laporan_isu_hoaks
[4] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-menelan-pasta-gigi-fluoride-sebabkan-iq-rendah-dan-gigi-kuning