[SALAH] Prabowo Tersandung Kasus Baru, Para Hakim MK Buka Sisi Gelap Prabowo

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Prabowo tersandung kasus baru, para Hakim MK buka sisi gelap Prabowo merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1700878952.050092/index.html

=======

[NARASI]: “GEMPAR MALAM INI || PRABOWO TERSANDUNG KASUS BARU, PARA HAKIM MK BUKA SISI GELAP PRABOWO”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube “Kabar News” pada 24 Oktober 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Prabowo tersandung kasus baru. Setelah dilakukan penelusuran tidak ada bukti terkait klaim tersebut. Faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik seword.com berjudul “Elektabilitas Ganjar Tak Terbendung, Prabowo Panik, Jokowi Ikut Hadang?”.

Artikel asli tersebut ditulis oleh Manuel pada 23 November 2023. Dalam artikel tersebut Manuel menulis tanggapan pribadinya tentang kedua Capres. “Ganjar sibuk datangi rakyat, sedang Prabowo sibuk deal-dealan sama penguasa. Jokowi pun ditarik turun untuk meredam suara Ganjar. Suara Ganjar tidak boleh sampai diredam! Karena meredam Ganjar adalah meredam Demokrasi”.

Namun setelah menonton keseluruhan video sama sekali tidak menyinggung kasus baru yang menimpa Prabowo Subianto. Dan tidak ada bukti kredibel mengenai hal tersebut. Bahkan dilansir dari cnnindonesia.com foto dalam thumbnail aslinya merupakan foto yang diambil di tahun 2019 saat Mahkamah Konstitusi (MK) mengesahkan bukti tambahan yang diajukan oleh Paslon 02 Prabowo-Sandi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
[1] https://seword.com/politik/elektabilitas-ganjar-tak-terbendung-prabowo-panik-uXpHgyBHau
[2] https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190619145713-12-404628/mk-sahkan-bukti-tambahan-dari-prabowo-di-sengketa-pilpres
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-prabowo-tersandung-kasus-baru-para-hakim-mk-buka-sisi-gelap-prabowo