[SALAH] KPU Coret Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Harapan Menang Kini Musnah

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa KPU coret Gibran jadi cawapres Prabowo dan harapan menang kini musnah merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1700921772.467326/index.html

=======

[NARASI]: “GEGER SORE INI || KPU CORET GIBRAN JADI CAWAPRES PRABOWO, HARAPAN MENANG KINI MUSNAH”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube “Kabar News” pada 25 Oktober 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa KPU mencoret nama Gibran jadi cawapres Prabowo sehingga harapannya untuk menang musnah. Setelah dilakukan penelusuran tidak ada bukti terkait klaim tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Alih-alih membahas sebagaimana dalam klaim yang ditulis, dalam video tersebut membahas keabsahan ijazah Gibran (cawapres Prabowo). Ternyata narator hanya membacakan narasi milik jawapos.com yang berjudul “KPU dan Kemendikbud Pastikan Ijazah Gibran Asli: Memenuhi Syarat” dan diupload pada tanggal 21 November 2023”.

Setelah ditelusuri lebih lanjut sebelumnya berita serupa telah banyak beredar di media sosial dan telah dikonfirmasi bahwa kabar tercoretnya nama Gibran sebagai calon wakil presiden adalah konten yang tidak benar. Sehingga dapat disimpulkan video unggahan di atas adalah konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
[1] https://radarsolo.jawapos.com/nasional/843309981/kpu-dan-kemendikbud-pastikan-ijazah-gibran-asli-memenuhi-syarat
[2] https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/13/175500782/-hoaks-kpu-coret-gibran-sebagai-cawapres-dan-jatuhkan-denda-rp-50?lgn_method=google