[SALAH] Jokowi Mundur Dari PDIP, Megawati Marah Besar

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Jokowi mundur dari Partai PDIP hingga membuat Megawati marah besar adalah konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi mengenai hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:https://archive.cob.web.id/archive/1700877561.77035/index.html

====
[NARASI]: “GEGER PAGI INI || JOKOWI LEPAS BAJU PDIP, MEGAWATI MARAH BESAR HINGGA NEKAT LAKUKAN INI”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Kabar News” mengunggah video dengan klaim bahwa Jokowi telah resmi mundur dari Partai PDIP. Faktanya tidak ada bukti kredibel atau pernyataan resmi mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut membahas hubungan antara PDIP dan Jokowi yang disebut makin memanas. Ternyata narator hanya membacakan narasi milik disway.id  yang berjudul “Hubungan PDIP dan Jokowi Makin Memanas, Jokowi: Ada yang Ingin Menampar Muka Saya”.

Dalam artikel asli tersebut membahas surat perintah untuk pemenangan paslon Ganjar dan Mahfud serta isu tiga periode kembali disebut oleh dua kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Setelah ditelusuri lebih lanjut tidak ditemukan bukti terkait mundurnya Jokowi dari Partai PDIP. Sehingga dapat disimpulkan video unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://disway.id/read/738109/hubungan-pdip-dan-jokowi-makin-memanas-jokowi-ada-yang-ingin-menampar-muka-saya
[2] https://www.kominfo.go.id/content/detail/48526/hoaks-presiden-jokowi-hengkang-dari-pdip/0/laporan_isu_hoaks