[SALAH] Megawati Hangestri Dicurangi Wasit saat Pertandingan Voli

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Megawati Hangestri dicurangi wasit dalam pertandingan bola voli merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, video tersebut hanya menampilkan ulang momen pertandingan voli antara Red Sparks melawan GX Caltex.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1701058390.103596/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “VIRAL! Reaksi Megawati Hangestri Saat Dicurangi Wasit Dapat Pujian Media Korea Selatan”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube MATA ELANG pada 19 November 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa anggota tim voli Daejeon JungKwanJang Red Sparks asal Indonesia, Megawati Hangestri, mendapatkan pujian dari media Korea Selatan setelah viralnya reaksi yang ia tunjukkan ketika dicurangi wasit dalam sebuah pertandingan bola voli.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video tersebut hanya menampilkan ulang momen pertandingan voli antara Red Sparks melawan GX Caltex Seoul KIXX.

Melalui video, diketahui bahwa Red Sparks dan GX Caltex bertemu pada 14 November 2023 dalam laga lanjutan V-League Women 2023/2024 di Jangchung Arena, Seoul, Korea Selatan. Dalam pertandingan tersebut, Red Sparks kalah 0-3 dari GX Caltex dengan rincian skor 25-27, 19-25, dan 19-25.

Sumber: YouTube @sports-allday

Sepanjang video pun, tidak ditemukan adanya narasi mengenai kecurangan yang diterima Megawati Hangestri dari wasit dalam pertandingan voli.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube MATA ELANG merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.livescore.in/volleyball/south-korea/volleyball-league-women/results/
https://www.sportcorner.id/read/9099/klasemen-korea-v-league-usai-red-sparks-kalah-0-3-dari-gs-caltex